Untitled Document

Walikota se- Sumatera Kagumi Perkembangan Pekanbaru
Editor: Rudi : Penulis Rima
Selasa, 6 Februari 2018
Kabinet APEKSI pimpinan DR. H. Firdaus, ST, MT menerima Pataka dan dikukuhkan Ketua Umum APEKSI, Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, Jumat (2/2/2018) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Perkembangan Kota Pekanbaru kian pesat dibawah kepemimpinan Dr. Firdaus, ST, MT - Ayat Cahyadi. Duet politisi Demokrat dan PKS ini telah merubah Kota Pekanbaru menjadi salah satu magnet di Pulau Sumatera.

Kemajuan ini diakui oleh para pemimpin kota-kota (Walikota) lain di Sumatera yang hadir dalam Musyarawah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (APEKSI) Regional Sumatera yang berlangsung di Pekanbaru 1-2 Februari lalu.

Mereka takjub. Bagaimana tidak. Kota Pekanbaru yang berjuluk Kota Madani tidak memiliki sumber daya alam. Namun, berhasil menjadi salah satu kota yang kemajuannya cukup pesat di pantai Timur Sumatera.

Ya, estafet pembangunan dari walikota sebelumnya kemudian dilanjutkan DR. Firdaus telah berhasil menjadikan Kota Madani menjadi salah satu kota penting di sektor jasa, perdagangan dan industri di wilayah Barat Indonesia.

Minus sumber daya alam (SDA) membuat Pemerintah Kota Pekanbaru harus mencari cara agar pembangunan bisa sejajar dengan kota besar lainnya di Sumatera. Mensiasati minimnya SDA, Pemko memotivasi sumber daya manusia (SDM) agar terus berkreasi dan berinovasi dengan baik untuk memajukan kota.

"Dengan semangat berinovasi maka semua kendala dapat teratasi. Pasalnya, pada umumnya sektor unggulan yang bisa digerakkan di Kota ini adalah sektor jasa, perdagangan dan industri," kata Firdaus diforum Apeksi.

Keberhasil DR. Firdaus dalam memajukan Kota Madani ini diapresiasi para peserta Muskomwil. Mereka kagum melihat geliat pembangunan yang digerakan swasta di Pekanbaru saat melakukan city tour.

Keberhasilan ini, membuat para peserta Muskomwil Apeksi sepakat memilih DR. H. Firdaus, ST, MT sebagai Ketua Apeksi  untuk periode 2018-2021, menggantikan Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P yang sudah habis masa jabatannya.

Lazimnya sebuah organisasi, DR. H. Firdaus, ST. MT kemudian menyusun kepengurusan Komwil I APEKSI untuk masa kerja lima tahun kedepan. Diantaranya, duduk sebagai Wakil Ketua I Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Wakil Ketua II Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan Wakil Ketua III Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk.

Kabinet APEKSI pimpinan DR. H. Firdaus, ST, MT itu kemudian dikukuhkan Ketua Umum APEKSI, Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, Jumat (2/2/2018) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

Firdaus dalam kata sambutan, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

"Semoga tim yang baru dibentuk ini dapat bermanfaat bagi pelayanan masyarakat," ujarnya.

Pemerintah, lanjut Firdaus MT, harus memiliki semangat jiwa usaha. Karena kota bisa hidup dari pelaku usaha.

"Sebagai pelayan masyarakat juga harus mengerti apa yang menjadi nafasnya masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum APEKSI Airin Rahmi Diany dalam pidatonya berharap APEKSI dapat bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di wilayah masing-masing.

Apalagi, ungkap Airin, dalam waktu dekat akan digelar rapat kerja nasional Apeksi yang sudah barang tentu akan membahas banyak isu. Akan tetapi, ungkap wanita berparas canti itu, ada dua hal yang akan menjadi isu penting, yakni tentang kependudukan dan infrastruktur.

"Yang jelas, beberapa program kegiatan di masing-masing komisariat wilayah sudah dilakukan dan tentu akan bersinergi dengan program yang ada di tingkat pusat. Sekali lagi selamat atas terpilihnya Walikota Pekanbaru sebagai Ketua Komwil I APEKSI pada periode 2018 hingga 2021," ujarnya.

Melalui forum Apeksi ini, para walikota se-Indonesia saling berinteraksi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru dengan Pekanbaru Command Center (PCC) yang digagas Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik & Persandian.

Kehadiran Pekanbaru Command Center berbasis IT ini membuat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, Hj. Airin Rachmi Diany dan peserta Musyarawah Komisariat Wilayah berdecak kagum saat meninjau Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik & Persandian Kota Pekanbaru yang beralamat di Jalan Pepaya.

Dihadapan Ketua Umum dan anggota Apeksi, Kepala Diskominfo, Statistik & persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra memaparkan satu persatu fungsi aplikasi yang tersedia di Pekanbaru Command Center.

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu, Pekanbaru Command Center, juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota. Sehingga, lebih cepat dan akurat dalam memantau perkembangan Kota Pekanbaru," kata Firmansyah Eka Putra.

Tidak hanya sekedar paparan semata, pada kesempatan itu, Walikota Pekanbaru kemudian melakukan video conference dengan Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik, Diskominfo, Statistik & persandian Kota Pekanbaru, Mawardi, S.Ag yang tengah berada di Ruang Terbuka Hijau Tunjuk Ajar Integritas (RTH Tugu Antikorupsi) di Jalan Ahmad Yani, yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Pekanbaru Command Center.

"Assalamu’alaikum pak Wali," kata Mawardi menyapa pimpinannya.

"Saat ini saya berada di RTH Ahmad Yani. Pantauan disini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali," sambung Mawardi melaporkan situasi RTH siang itu.

Setelah itu, Walikota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi "EKA" (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sistem pelayanan terpadu (SIPADU), dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Melihat itu, Airin pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center.

"Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  SIPADU dan Pertanahan," kata Airin spontan.

Tidak sampai disitu, Firdaus juga mempromosikan kepada para tamu stafnya yang menggas aplikasi EKA dan SIPADU. Mereka adalah Masykur Tarmizi (Camat Bukitraya), dan Zulhelmi, Camat Rumbai.

Selain Airin, para Walikota yang hadir juga takjub dengan modernisasi pelayanan melalui Command Center yang dilakukan Pemko Pekanbaru dalam percepatan Kota Pekanbaru menuju Smart City.

Pujian teman sejawat

Kemajuan pelayanan berbasis IT yang digulir Pemerintah Kota Pekanbaru mendapat pujian dari Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P yang juga mantan Ketua Komwil APEKSI Regional I Sumatera.

Sebagai sesama walikota dan teman sejawat, H. Mahyeldi tak sungkan memberikan apresiasi atas prestasi- prestasi yang ditoreh DR.H.Firdaus, ST, MT dalam memajukan Pekanbaru.

"Apalagi sektor unggulan yang bisa digerakkan di Kota ini adalah sektor jasa, perdagangan dan industri," ujar Walikota Padang mengapresiasi atas modernisasi pelayanan yang dilakukan Pemko Pekanbaru.

Dilanjutkan mantan Ketua Komwil APEKSI Regional I se- Sumatera periode 2015-2018 itu, posisi. Provinsi Riau
khususnya Kota Pekanbaru sangat strategis, dekat dengan negara tetangga, menjadi salah satu faktor pesatnya pembangunan. (RIMA)

 

 

 

 

INDEK TERBARU
adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

adv : Selasa, 6 Februari 2018

 


Copyright @ 2018 RidarNews.com, All right reserved

Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Siber - Privacy Policy - Indeks News - Mobile Versi