Gelar Pilkada 2020, KPU Meranti Siapkan Aplikasi Sirekap Rekapitulasi Suara
Editor : bella | Penulis: Juna

meranti | 18 November 2020 | Dilihat : 72

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti siap menggelar Pilkada Tahun 2020 dengan bantuan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti siap menggelar Pilkada Tahun 2020 dengan bantuan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

Aplikasi tersebut akan digunakan dalam proses penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Selain melaksanakan beberapa kesiapan menjelang Pilkada, kami juga tengah berencana mengedukasi petugas KPPS terkait dengan kesiapan penggunaan aplikasi Sirekap," ujar Kasubbag Program dan Data KPU Kepulauan Meranti, Loli Sastra, Rabu (18/11/2020).

Aplikasi Sirekap merupakan alat bantu proses rekapitulasi ditingkat KPPS, PPK maupun KPU. Tahap selanjutnya, hasil digital C hasil KWK tidak diserahkan ke panwas atau saksi. Tetapi yang diserahkan itu berupa salinan manual oleh KPPS.

"Sedangkan PPS, PPK maupun KPU menerima hasil digital dari Sirekap itu," tambahnya.

Guna memastikan petugas KPPS mampu mengoperasikan aplikasi Sirekap, KPU Kepulauan Meranti menggenjot para petugas dengan menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi.

"Kami juga sedang menunggu hasil PKPU terkait pungut hitung ini, termasuk juga penggunaan Sirekap," tuturnya.

Uji coba aplikasi Sirekap juga telah dilakukan beberapa kali oleh KPU RI. Akurasinya pun mencapai 100 persen melalui uji Optical Mark Recognation (OMR) maupun Optical Character Recognation (OCR).

Namun, ketersediaan jaringan internet yang baik juga menjadi salahsatu dasar suksesnya penggunaan aplikasi Sirekap.

Jika jaringan internet lemah, aplikasi tidak dapat beroperasi dengan baik.

Loli juga menjelaskan, apabila ada gangguan internet maka Sirekap mobile akan digunakan secara offline yang akan disiapkan oleh KPU.

Terkait hasil naskah asli atau salinan formulir C hasil KWK manual akan diterima oleh PTPS, saksi calon maupun oleh KPPS itu sendiri. Sedangkan PPS dan PPK hanya menerima hasil penghitungan suara dari KPPS berupa formulir C hasil KWK dari Sirekap. (juna)

Artikel Kanan
Artikel Kanan