Ditengah Wabah Covid 19, Babinsa Koramil 04/Lph Laksanakan Patroli Karhutla
Editor : bella | Penulis: rima

tni | 21 November 2020 | Dilihat : 26

Ditengah pandemic global Virus Corona, Babinsa Koramil 04 Limapuluh Kodim 0301 Pekanbaru, Pelda Huda Yudha, Serka Asikin, Sertu Zulkarnaini dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Sabtu (21/11/20), melaksanakan Sosialisasi dan Patroli Karhutla, di wilayah K

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Ditengah pandemic global Virus Corona, Babinsa Koramil 04 Limapuluh Kodim 0301 Pekanbaru, Pelda Huda Yudha, Serka Asikin, Sertu Zulkarnaini dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Sabtu (21/11/20), melaksanakan Sosialisasi dan Patroli Karhutla, di wilayah Kecamatan Tenayan Raya.

Patroli Karhutla ini secara rutin dilaksanakan oleh para Babinsa Koramil 04 Limapuluh untuk memantau titik api guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tenayan Raya, tentunya dengan mengajak masyarakat agar peduli guna mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Pelda Huda Yudha juga mengingatkan kepada masyarakat apabila membuang puntung rokok agar puntung rokok sebelum dibuang harus dipastikan telah padam.

“Lahan gambut yang kering sangat mudah terbakar dan apabila lahan tersebut terbakar maka api akan dengn cepat menyebar, dan menghambat upaya pemadaman,” ungkapnya.

Dikatakan dia, dalam kegiatan pencegahan karhutla, dia bersama MPA terus menyampaikan penekanan kepada warga untuk tidak membuka lahan pertanian ataupun perkebunan dengan cara membakar.

“Kita juga mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan adanya karhutla, agar segera memberitahukan kepada petugas keamanan yang terdekat, yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Ada pun sasaran patroli karhutla ini diawali dari Jalan Karya Bakti RT 01 RW 09 Kelurahan Bambu Kuning, Jalan Yungtiar RT 03 RW 18 Kelurahan Mentanggor, Jalan Kampung Baru RT 03 RW 05 Kelurahan Tangkerang Timur, Jalan Badak Ujung RT 04 RW 03 Kelurahan Tuah Negeri.

Selanjutnya, hal menonjol Hotspot nihil, titik api nihil, titik asap nihil.

Danramil 04 Limapuluh, Kapten Arh Antoni saat dikonfirmasi terpisah menyampaikan, bahwa dirinya memang memerintahkan anggotanya untuk melakukan upaya-upaya pencegahan karhutla ini secara kontiniu.

"Lebih baik kita gencarkan upaya pencegahan ini, karena lebih mudah dan juga lebih murah", jelasnya.

Beliau juga berharap agar masyarakat semakin peduli dan dapat mematuhi imbauan yang disampaikan. "Semoga kedepan tidak terjadi lagi karhutla yang merugikan kita semua," ungkapnya. (rima)

 

 

Artikel Kanan
Artikel Kanan