Babinsa Kampung Tengah Komsos di Kelurahan Bahas Siskamling dan Sampah
Editor : Rudi | Penulis: Rima

tni | 21 Oktober 2021 | Dilihat : 33

Babinsa Kampung Tengah Komsos di Kelurahan Bahas Siskamling dan Sampah

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Kampung Tengah, Koramil 06/Sukajadi, Kopda Herman Harahap melakukan komsos di  kantor Kelurahan guna membahas sistem keamanan lingkungan (siskamling) dan masalah sampah.

Komsos ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah teritorialnya.

Kopda Herman Harahap melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) bersama Lurah Kampung Tengah Samsahid, S.Sos, Ketua UEK-SP Arneti dan Kasipem Farida di Kantor Kelurahan Jalan Semangka, Kamis (21/10/2021).

"Kami membahas tentang siskamling dan masalah sampah," kata Herman.

Menurut Herman, Siskamling merupakan upaya bersama dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Terkait sampah, Herman menyarankan agar segera diangkut supaya tidak mengganggu pengguna jalan.

Selain itu, ungkapnya, perlu koordinasi dalam menentukan persamaan persepsi dalam penanganan sampah di wilayah Kelurahan Kampung Tengah.

"Untuk itu kami mengimbau kepada warga tidak membuang sampah sembarangan, guna mencegah terjadinya banjir ataupun genangan air dapat menyebabkan bersarang penyakit," sebutnya.

Terpisah, Danramil 06/Sukajadi, Kapten Arh Nirzam, S.Sos mengatakan bahwa Babinsa adalah ujung tombak satuan di lapangan.

“Untuk itu saya harapkan para Babinsa yang ada diwilayah Koramil 06/Sukajadi, untuk selalu mengadakan kegiatan Komsos bersama warga agar dapat mengetahui segala informasi kegiatan yang ada di masyarakat," harap Danramil. 

Pada kesempatan itu, Nirzam mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengganggu kelancaran aliran air di dalam gorong-gorong atau parit.

“Kegiatan ini juga akan mencegah terjadinya banjir, karena dengan tidak adanya sampah yang menumpuk di aliran gorong-gorong aliran air tentu lancar,” tuturnya.

Terkait dengan pendemi COVID-19, Danramil mengajak masyarakat untuk menyukseskan Vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru. 

"Banyak masyarakat menjadi khawatir untuk melakukan vaksinasi adalah karena banyak sekali berita bohong (Hoax) yang telah beredar di media sosial dan kemudian menjadi bahan perbincangan bagi seluruh warga," ungkapnya.

Artikel Kanan
Artikel Kanan