Pecahkan Persoalan Sampah, Dandim 0301/PBR Inisiasi Buat Tungku Sampah
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

tni | 10 September 2022 | Dilihat : 77

Pecahkan Persoalan Sampah, Dandim 0301/PBR Inisiasi Buat Tungku Sampah

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Membahas berbagai persoalan permasalahan sampah di kawasan perkotaan hingga saat ini terus menjadi perhatian. Permasalahan sampah juga disebabkan oleh masih terbatasnya infrastruktur pengelolaan persampahan di Kota Pekanbaru dan masih banyak pemukiman yang tidak terlayani dinas kebersihan sehingga masyarakat membuang sampah ke sungai, selokan, parit dan pinggir jalan.

Melihat hal demikian, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0301/PBR, Kolonel Inf Nur Rohman Zein berinisiatif untuk membuat tungku pembakaran sampah guna membantu permasalahan sampah rumah tangga di Kota Pekanbaru.

"Kita ketahui bersama bahwa sampah ini menjadi persoalan yang sangat serius termasuk di kota Pekanbaru, sehingga kami dari jajaran Kodim 0301/PBR berusaha mengambil bagian memberikan solusi terhadap permasalahan sampah," kata Dandim kepada awak media disela - sela meninjau pembuatan tungku sampah di Asrama Manipol Jalan dr Soetomo, Sabtu  (10/09/2022).
 
Menurut dia, tungku pembakaran sampah ini sangat sederhana dan mudah dioperasionalkan serta menggunakan bahan bakar yang mudah didapatkan, namun sangat efektif dalam mengurangi sampah.

Dandim juga memaparkan meskipun dengan bahan bakar sangat minim dan sederhana namun tungku ini mampu membakar sampah kurang lebih 10 tom dalam waktu 4 jam.

"Tentu kami berharap kedepan dengan tungku ini, semua permasalahan sampah di Kota Pekanbaru yang telah mencapai 2.000 ton per hari segera teratasi," terang Dandim.

Kolonel Nur Rohman juga menjelaskan inisiatif pembuatan tungku sampah ini mendapat respon positif dari Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun dengan memberikan ruang untuk melaksanakan sosialisasi kepada seluruh camat dan lurah.  "Alhamdulillah, inisiatif saya dalam penanganan sampah ini mendapat respon dari bapak Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun. Semoga permasalahan sampah di kota Pekanbaru dapat teratasi," ungkap dia.

Artikel Kanan
Artikel Kanan