Sertu Wiyono Terus Sosialisasikan Cegah Karhutla Secara Humanis
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

tni | 22 November 2022 | Dilihat : 29

Sertu Wiyono Terus Sosialisasikan Cegah Karhutla Secara Humanis

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Pertengahan bulan November masih kerap di landa hujan, merata di seluruh Kota Pekanbaru. Meskipun musim penghujan, Sertu Wiyono, Anggota Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/PBR dengan menggunakan sepeda motor dinas tetap melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Patroli Karhutla dilaksanakan diwilayah Jalan Ketitiran RT 02 RW 04 dan Jalan Kabun RT 02 RW 03  Kelurahan Air Putih Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru.

Berdasarkan titik coordinat : 0°29'17"N101°21'58"E, Hotspot Nihil, Titik Api Nihil, Titik Asap Nihil

"Dengan pendekatan secara humanis sosialisasi dan edukasi pembersihan lahan tanpa dibakar sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat masih adanya masyarakat yang membersihkan lahan dengan cara dibakar," kata Sertu Wiyono.

Terpisah, Danramil 06/Sukajadi, Kapten Inf M Fadhil berharap warga paham agar tidak mengolah lahan dengan cara membakar.

“Pembakaran hutan dan lahan sangat berbahaya mengingat adanya dampak kesehatan. Misal, bisa menimbulkan asap yang akan mengganggu kesehatan,” kata Danramil.

Saat sosialisasi, pesan kamtibmas disampaikan sangsi pidana bagi pembakar hutan dan lahan.

“Sanksi pidana pelaku pembakar hutan dan lahan ada di Pasal 78 ayat (3) yang berisi barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar,” jelasnya.

Artikel Kanan
Artikel Kanan