Presiden Sampaikan Manfaat SPAM Durolis bagi Kesehatan Masyarakat
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rilis

nasional | 05 Januari 2023 | Dilihat : 38

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya keberadaan sistem penyediaan air minum (SPAM) di setiap provinsi untuk mengurangi penyakit yang ditimbulkan akibat kualitas air minum yang kurang baik di lingkungan masyarakat.

BAGANSIAPIAPI, RIDARNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya keberadaan sistem penyediaan air minum (SPAM) di setiap provinsi untuk mengurangi penyakit yang ditimbulkan akibat kualitas air minum yang kurang baik di lingkungan masyarakat. 

Demikian disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media setelah meresmikan SPAM regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) di Kabupaten Rokan Hilir, Kamis, 5 Januari 2023.

"Saya mengharapkan dengan dibangunnya SPAM ini kualitas air minum yang dimanfaatkan oleh masyarakat jadi lebih baik, juga akan mengurangi banyak hal seperti stunting, mungkin penyakit-penyakit tertentu yang sebelumnya airnya tidak diolah terlebih dahulu. Saya kira di semua provinsi membutuhkan SPAM - SPAM seperti ini," tutur Kepala Negara.

Dalam keterangan terpisah, Kepala UPT SPAM Rokan Hilir Zulkarnain menyampaikan bahwa pengelolaan SPAM Durolis berada di daerah pesisir dengan kualitas air yang kurang baik.

Menurut Zulkarnain, keberadaan SPAM di daerah tesebut memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar.

"Kualitas air muka tanah atau air bawah tanah ini memang _problem_ di saat ini dengan kekeruhan air, air yang tidak bisa dimanfaatkan secara langsung. Tapi setelah adanya SPAM Durolis kemudian kita melakukan pengolahan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, layak buat dikonsumsi masyarakat," ucap Zulkarnain.

Lebih lanjut, Zulkarnain mengatakan bahwa pembangunan SPAM Durolis merupakan program pemerintah dalam upaya melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

“Ini adalah program pemerintah, artinya memang untuk kemasyarakatan. Penyediaan air minum, air bersih buat masyarakat itu tujuan dan sasaran kita,” ujar Zulkarnain.


Sumber : Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Artikel Kanan
Artikel Kanan