Kodim 0301/PBR Buka Pendaftaran Komcad Tahun 2023, Ayo Buruan Mendaftar
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Pendim

tni | 16 Januari 2023 | Dilihat : 112

Menindaklanjuti program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI yaitu rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2023 dari unsur sipil, ASN, buruh, maupun mahasiswa. Kodim 0301/Pekanbaru membuka pendaftaran Komcad yang dimulai sejak 2 Januari hingga 14

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Menindaklanjuti program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI yaitu rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2023 dari unsur sipil, ASN, buruh, maupun mahasiswa. Kodim 0301/Pekanbaru membuka pendaftaran Komcad yang dimulai sejak 2 Januari hingga 14 April mendatang.

"Pendaftaran bisa dilakukan secara online bahkan offline melalui Kodim 0301/Pekanbaru," kata Dandim Nur Rohman kepada awak media, Senin (16/01/2023).

Mendaftar secara online bisa diakses melalui website komcad.kemhan.go.id atau melalui WhatsApp 089619370020

Dandim menjelaskan Komcad merupakan organisasi militer yang terdiri dari warga, menggabungkan peran militer dan karir sipil, namun demikian tidak ada unsur paksaan, seluruh warga negara Indonesia bisa mengikuti.

"Komcad sendiri bukan wajib militer," tegasnya.

Hak dan atau keuntungan komponen cadangan selama masa pendidikan dasar yaitu, uang saku, perlengkapan perorangan lapangan, akomodasi dan logistik selama Diksar, perlindungan jaminan kerja dan kesehatan. "Semuanya gratis dan ditanggung oleh negara," kata pria akrab disapa Rohman.

Komponen cadangan yang berasal
unsur sipil, ASN, buruh, maupun mahasiswa selama pengabdian tetap mendapatkan hak ketenagakerjaan dan tidak keluar dari pekerjaannya, bagi yang berstatus Mahasiswa tetap mendapatkan hak akademisnya sampai selesai.

Kolonel Nur Rohman menyebut persyaratan menjadi Komcad yaitu, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945, usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian. "Peserta berpendidikan paling rendah sekolah menengah pertama atau sederajat," imbuh dia.

Pria yang murah senyum juga mengimbau dan mengajak warga Kota Pekanbaru untuk mendaftar dan bergabung bersama Komcad, Komponen Cadangan Matra Darat.

"Tidak dipungut biaya selama pendaftaran, seleksi maupun Latihan Dasar Militer (Latsarmil)," ujarnya lagi.

Calon peserta yang mendaftar wajib mengisi berkas - berkas telah ditentukan oleh Kemenhan RI. Ada pun berkas itu riwayat hidup disertai tanda tangan dan pas foto ukuran 4x6, daftar keluarga serta surat lamaran ke Kemenhan.

Artikel Kanan
Artikel Kanan