Serda Fauzi Ajak Warga Kampung Pancasila Jaga Kerukunan dan Gotong Royong
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

tni | 25 Januari 2023 | Dilihat : 27

Serda M Fauzi bersama warga di Kampung Pancasila Jalan Cipta Karya RT 02 RW 10 Kelurahan Sialang Munggu Kecamatan Tuah Madani, Rabu (25/01/2023).

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Komunikasi sosial dengan warga di Kampung Pancasila rutin dilaksanakan oleh Anggota TNI AD jajaran Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Serda M Fauzi bersama warga di Kampung Pancasila Jalan Cipta Karya RT 02 RW 10 Kelurahan Sialang Munggu Kecamatan Tuah Madani, Rabu (25/01/2023).

Tujuan komsos ini untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara, menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas dan menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila.

"Kalau kita semua ini rukun dan saling membantu tentunya kehidupan ini akan sangat nyaman, tetapi sebaliknya kalau kita tidak rukun dan hidup masing-masing maka yang terjadi hanyalah susah. Untuk itu, jagalah kerukunan dan saling gotong-royong,” kata Serda Fauzi.

Sementara, Danramil 06/Sukajadi, Kapten Inf M Fadhil mengatakan, bahwa Pancasila adalah dasar negara sekaligus pedoman hidup masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karena, setiap sila dalam Pancasila saling berhubungan satu sama lain. Akan tetapi, sila pertama hingga sila kelima memiliki nilainya masing-masing sehingga dapat dijadikan landasan dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, seharusnya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam hidup bermasyarakat baik tingkah laku dan tutur kata.

“Semua tindakan juga harus mencerminkan nilai luhur Pancasila. Dan hal ini seperti yang tertuang dalam butir sila Persatuan Indonesia,” jelasnya.

Artikel Kanan
Artikel Kanan