DPRD Sahkan APBD-P Bengkalis Tahun 2019
Editor : bella | Penulis: Humas DPRD bengkalis

adv | 06 November 2019 | Dilihat : 340

DPRD Kabupaten Bengkalis sahkan Ranperda Perubahan APBD 2019 menjadi Perda pada rapat paripurna, Senin (26/8/2019).

BENGKALIS, RIDARNEWS.COM – Setelah melalui berbagai proses pembahasan dari tingkat komisi hingga ke tingkat Badan Anggaran (Banggar), akhirnya DPRD sahkan Ranperda Perubahan APBD 2019 menjadi Perda pada rapat paripurna, Senin (26/8/2019).

Ketua DPRD Abdul Kadir secara langsung memimpin rapat bersama wakil ketua I Indragunawan Eet, dan Wakil Ketua III Kaderismanto. Turut Hadir Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Sekda Bengkalis Bustami, HY, Anggota DPRD Bengkalis serta kepala OPD di ruang lingkup pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Sebelum P-APBD 2019 disahkan, Banggar yang diwakili oleh Anggota Hendri sebagai juru bicara menyampaikan laporan hasil pembahasan dengan TAPD Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari berbagai rincian di dalam anggaran. Dijelaskannya bahwa pendapatan daerah Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2019 sebesar Rp3,901 Triliun dari Rp3,811 Triliun, terjadi penambahan sebesar Rp89 Milyar.

“Belanja Daerah yang semula ditetapkan sebesar Rp3,877 Triliun berubah menjadi Rp4,064 Triliun, artinya bertambah sebesar Rp186 Milyar,” jelas Hendri.

Sebelum mengakhiri laporannya, Hendri memberikan beberapa saran oleh Banggar DPRD. Diantaranya yang ia sampaikan bahwa Banggar meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyelesaikan hak-hak pegawai daerah Kabupaten Bengkalis baik itu gaji, insentif dan tunjangan lainnya. Banggar juga Meminta kepada Bapenda untuk lebih akti dan menggali PAD Kabupaten Bengkalis.

“Kesepakatan Antara DPRD dan TAPD Kabupaten Bengkalis harus benar-benar diakomodir mengingat waktu yang sangat singkat, namun demikian diharapkan berdasarkan aturan yang berlaku dan etos kerja yang baik,” Ujar Hendri

Terakhir, Ia juga menekankan bahwa dalam rangka menghadapi Pilkada dan Pilkades diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk proaktif dalam mempersiapkan alat-alat kelengkapan yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dari laporan tersebut seluruh fraksi di DPRD Bengkalis secara umum menyetujui agar Ranperda P-APBD 2019 ditetapkan menjadi Perda dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis khususnya kepada Bupati Amril Mukminin. Namun ada beberapa saran yang disampaikan, diantaranya dari Partai Golkar Syahrial yang mengharapkan agar kedepannya mudah-mudahan persoalan-persoalan tunda bayar tidak terjadi lagi.

Dari Fraksi PDIP Sofyan memberikan catatan kepada Pemerintah Daerah untuk segera melaksanakan kegiatan fisik yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat baik untuk peningkatan ekonomi maupun pelayanan publik.

“Diharapkan kepada Dinas Pendidikan untuk dapat menyelesaikan masalah pembelian LKS yang terjadi di beberapa sekolah, yang mana siswa diarahkan untuk membeli LKS di toko-toko tertentu,” pinta Nanang Haryanto dari Partai Demokrat.

Kemudian dari Partai Gerindra Garuda Yaksa Zamzami Harun meminta pemerintah menyelesaikan masalah terkait pengurusan KTP yang dinilai sangat lama, dan dari Fraksi Gabungan Negeri Junjungan Fransisca menginginkan agar Pemerintah Daerah memperhatikan Suplai air bersih yang ada di Kabupaten Bengkalis ini.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin setelah disahkannya P-APBD 2019 dalam rapat paripurna langsung menginstruksikan seluruh kepala perangkat daerah dan unit kerja lingkup Pemerintah Daerah kabupaten Bengkalis selaku pengguna anggaran untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi, prosedur teknis dan langkah-langkah percepatan program dan kegiatan.

“Siapkan Schedule dan laksanakan segera, karena apa yang telah dianggarkan menjadi kewajiban yang melekat dan dipertanggungjawabkan oleh perangkat daerah masing-masing. Baik progres, manfaat maupun dampaknya bagi pembangunan Kabupaten Bengkalis secara umum,” ujarnya.

Ketua DPRD Abdul Kadir secara khusus mengucapkan terima kasih kepada anggota Badan Anggaran, Komisi, TAPD, dan seluruh SKPD yang telah bekerja secara maksimal menyelesaikan pembahasan P-APBD 2019 sehingga dapat disahkan.

“Harapan kami sebagai pimpinan DPRD beserta seluruh anggota mengharapkan agar pemerintah daerah merealisasikan anggaran P-APBDP 2019 secara maksimal sehingga dapat diserap oleh program dan kegiatan yang telah ditetapkan yang pada akhirnya memperlancar jalannya roda pemerintahan,” tutup Abdul Kadir.

Rapat paripurna kemudian diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan bersama pengesahan P-APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2019 oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Ketua DPRD Abdul Kadir dan Wakil Ketua Kaderismanto.

Usai acara, Sekretaris DPRD Radius Akima mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh staf yang telah bekerja keras membantu/memfasilitasi pembahasan dari pagi hingga ke malam baik tingkat Komisi hingga ke tingkat Banggar, sehingga rapat-rapat pembahasan berjalan dengan baik, ia berharap kedepannya agar dapat ditingkatkan lagi. (galeri)

 

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri dan janggut

 

Gambar mungkin berisi: 1 orang

 

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

 

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan dalam ruangan

 

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

 

 

 

Artikel Kanan
Artikel Kanan