Operasi Zebra Muara Takus 2019
Hari ke 12, Polres Kampar Jaring 150 Pelanggar dan 12 Teguran
Editor : bella | Penulis: rils

Hukum | 06 November 2019 | Dilihat : 207

Memasuki hari kedua belas, jajaran satuan lalulintas Polres Kampar berhasil menjaring 150 pelanggar dan 12 teguran kepada pengendara dalam razia operasi Zebra Muara Takus 2019, Minggu, (3/11).

BANGKINANG, RIDARNEWS.COM - Memasuki hari kedua belas, jajaran satuan lalulintas Polres Kampar berhasil menjaring 150 pelanggar dan 12 teguran kepada pengendara dalam razia operasi Zebra Muara Takus 2019, Minggu, (3/11).

Pelanggar lalulintas masih didominasi oleh pengendara sepeda motor sebanyak 112 orang (81,33 %), dan sisanya dari pengemudi mobil penumpang sebanyak 7 orang dan pengemudi mobil angkutan barang 21 orang.

Untuk jenis pelanggaran bagi pengendara sepeda motor masih didominasi masalah penggunaan helm, sementara untuk pelanggar bagi pengemudi mobil yang terbanyak adalah tidak menggunakan safety belt (sabuk keselamatan).
   
Sebagaimana diketahui bahwa dalam Operasi Zebra 2019 ini, penegakkan hukum diprioritaskan terhadap pelanggaran kasat mata yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas serta fatalitas korban lakalantas, yaitu ; tidak menggunakan helm atau safety belt, melawan arus, melampaui batas kecepatan, menggunakan Hp saat mengemudi, pengemudi dibawah umur dan pengemudi yang mabuk atau menggunakan narkoba.
   
Disamping melakukan penegakkan hukum, selama pergelaran Operasi Zebra 2019 ini petugas juga melakukan kegiatan-kegiatan preventif seperti pengaturan lalulintas dan patroli serta memberikan penyuluhan tentang keselamatan berlalulintas kepada pelajar, komunitas serta kelompok masyarakat.

Kasat Lantas Polres Kampar AKP Fauzi SH, MH saat dikonfirmasi terkait kegiatan Operasi Zebra Muara Takus 2019 ini menyampaikan, bahwa selama 12 hari pelaksanaan Operasi Zebra di Jajaran Polres Kampar ini telah lebih seribu pelanggar yang terjaring dan diberikan sangsi tilang.

"Diharapkan dengan adanya Operasi Zebra ini dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran hukum masyarakat terhadap peraturan lalulintas guna mewujudkan Kamseltibcarlantas, jelasnya. (rls)

Artikel Kanan
Artikel Kanan