Bupati Rohil Bangun Masjid Cheng Ho dan Bagikan Sertifikat Tanah Rumah Ibadah
Editor : rudi | Penulis: adv/humas

adv | 06 November 2019 | Dilihat : 96

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan Bupati H. Suyatno bertekad merealisasikan pembangunan dibidang kerohanian sarana dan prasarana ibadah di wilayahnya.

BAGANSIAPIAPI, RIDARNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan Bupati H. Suyatno bertekad merealisasikan pembangunan dibidang kerohanian sarana dan prasarana ibadah di wilayahnya.

Salah satu yang akan dibangun adalah Masjid Muhammad Cheng Ho di area Pujasera Bagansiapiapi. Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini rencananya juga untuk mendukung pariwisata sejarah religi di Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir menyebut rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho sudah disepakati bersama dalam rapat dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rohil, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta ormas Islam yang digelar di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, beberapa waktu lalu.

“Insya Allah tahun ini juga kita akan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho di Kota Bagansiapiapi,” kata Suyatno dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penghulu dan Lurah se- Kabupaten Rokan Hilir di Gedung Serbaguna H Misran Rais Bagansiapiapi, beberapa waktu yang lalu, juga dihadiri Gubernur Riau H. Syamsuar.

Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho bukan tanpa alasan, ungkap orang nomor satu di kabupaten penghasil ikan itu, karena sejarah berdirinya Kota Bagansiapiapi tak lepas dari dari peran etnis Tionghoa.

“Setelah mereka membuka kota Bagansiapiapi lalu mereka turun temurun, sehingga tak heran banyak Tionghoa di Kota Bagansiapiapi, dan bahkan banyak juga yang sudah menjadi Mualaf,” jelas orang nomor satu di kabupaten penghasil ikan itu.

Ditegaskan Suyatno, Masjid Muhammad Cheng Ho akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektare. Pembangunannya direncanakan akan dimulai sebelum acara Bakar Tongkang.

Tak hanya sebatas pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho, Bupati Suyatno bersama Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si juga membagikan sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah, yakni sertifikat tanah Gereja, Vihara, Mushallah dan Masjid.

Program Pemkab Rohil ini dinilai sangat positif. Dengan demikian  ada kepastian atas hak tanah dan rumah ibadah, diharapkan masyarakat semakin tenang beribadah, dan menghindarkan rumah ibadah dari objek sengketa. (Adv/Humas)

 

Artikel Kanan
Artikel Kanan