Babinsa Tanjung Rhu Gelar Simulasi Penanggulangan Karhutla di PT PLTNG
Editor : bella | Penulis: rima

tni | 22 November 2019 | Dilihat : 97

Jumat, (22/11), bertempat Halaman kantor PT PLTNG Teluk Lembu, Jalan Tanjung Datuk, Babinsa Kelurahan Tanjung Rhu Koramil 04 Limapuluh Kodim 0301 Pekanbaru, Serda Harianto melakukan sosialisasi dan simulasi upaya menanggulangi kebakaran lahan dan hut

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Jumat, (22/11), bertempat Halaman kantor PT PLTNG Teluk Lembu, Jalan Tanjung Datuk, Babinsa Kelurahan Tanjung Rhu Koramil 04 Limapuluh Kodim 0301 Pekanbaru, Serda Harianto melakukan sosialisasi dan simulasi upaya menanggulangi kebakaran lahan dan hutan.

Simulasi pemadaman ini dipimpin HDR PT PLTNG Teluk Lembu, Sasli Rais. Didukung 1 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit Ambulance Puskesmas Kecamatan Limapuluh.

Tepat pukul 08.30 WIB, acara sosialisasi dan simulasi ini diawali kata sambutan dari HDR PT PLTNG Teluk Lembu, selanjutnya paparan mengenai upaya penanggulangan bencana Karhutla oleh Babinsa Kelurahan Tanjung Rhu.

Dalam paparannya tentang kebakaran, beberapa hal yang disampaikannya yaitu upaya pelaksanaan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api, Tata cara mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penangannya, mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran, mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran.

Diungkapkan Serda Harianto, sosialisasi ini sangat penting sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla, khususnya di wilayah yang menjadi area Koramil 04 Limapuluh.

“Ini sebagai bentuk antisipasi, sekaligus himbauan kepada karyawan PT PLTNG Teluk Lembu dan warga agar tidak melakukan pembakaran hutan secara liar,” tambah Serda Harianto.

Lebih lanjut, Ia pun mengatakan bahwa, melalui Komunikasi Sosial (Komsos) dengan karyawan PT PLTNG yang dilakukan jajarannya dilapangan, dinilai lebih efektif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan.

“Saya akan terus mengingatkan siapa saja agar jangan membakar hutan untuk membuka lahan,” ujarnya.

Sementara itu, HDR PT PLTNG Teluk Lembu, Sasli Rais mengucapkan terimakasih kepada Babinsa Kelurahan Tanjung Rhu yang telah mensosialisasikan dan simulasikan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

"Terimakasih pak babinsa yang telah mengajarkan dan memaparkan upaya pencegahan dan penanggulan bahaya kebakaran. Ini menjadi tambahan pengetahuan bagi kami disini,"katanya. (rima)

 

Artikel Kanan
Artikel Kanan