Babinsa Air Hitam Bersama Masyarakat Laksanakan Perawatan Lahan Karya Nyata Tanaman Lengkuas
Editor : bella | Penulis: rima

tni | 12 Januari 2020 | Dilihat : 15

Babinsa Air Hitam Bersama Masyarakat Laksanakan Perawatan Lahan Karya Nyata Tanaman Lengkuas

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Babinsa merupakan ujung tombak satuan teritorial dalam melaksanakan tugas di lapangan, salah satunya Sertu Jamil Candra yang sehari-harinya bertugas sebagai Babinsa Kelurahan Air Hitam Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru.

Babinsa Kelurahan Air Hitam bersama warga binaannya melaksanakan perawatan lahan karya nyata lengkuas Koramil 06/Sukajadi Minggu (12/1/2020) pukul 08.00 WIB, terletak di Jalan Riau Lama, dengan cara memberi pupuk.

Dikatakan Sertu Jamil Candra, lahan karya nyata tersebut merupakan lahan untuk mengedukasi dan mengajak serta memberi contoh kepada warga di sekitaran wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Setiap ada lahan yang kosong dimanfaatkan dengan cara bercocok tanam yang bisa menambah penghasilan warga sekitar,"kata Sertu Jamil Candra.

Dan tanaman lengkuas itu, sambungnya merupakan bahan obat-obatan tradisional yang sangat berguna bagi kesehatan.

"“Mari kita manfaatkan lahan yang kosong untuk bercocok tanam, budidaya tanaman obat untuk keluarga dapat memacu usaha kecil dan menengah dibidang obat-obatan herbal kendatipun dilakukan secara individu. Sehingga bisa terwujud kemandirian, dalam pengobatan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan dari warga bernama Pak Rohmat mengapresiasikan kegiatan yang dilakukan Sertu Jamil Candra yang ikhlas dan tulus memberikan contoh yang baik cara bercocok tanam Lengkuas dilahan gambut.

"Kami sangat senang sekali kepada Sertu Jamil Candra yang mengajari dan memberikan contoh bercocok tanam lengkuas dilahan gambut,"kata Pak Rohmat didampingi rekannya, Pak Loban.

"Beliau itu, (Sertu Jamil Candra,red) mengajari dan membimbing kami dengan hati yang tulus dan ikhlas. Jadi banyak ilmu pengetahuan yang kami dapat darinya,"ucap dia lagi.

Hal senada juga disampaikan pak Loban mengatakan dengan ditanam lengkuas dilahan gambut ini dapat menjaga dan mengurangi tingkat kebakaran hutan dan lahan diwilayah ini.

"Adanya tanaman lengkuas dilahan gambut ini dapat mengurangi tingkat karutla diwilayah Kelurahan Air Hitam ini,"tandas pak Laban yang bertugas menjaga lahan karya nyata.  

Ditempat terpisah, Danramil 06 Sukajadi, Kapten Kav Agussam mengatakan jika lahan kosong dikelola dengan optimal, dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat karena pengembangan sektor pertanian perkebunan dapat dikerjakan secara terus menerus.

"Saya mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami sayuran ataupun tanaman yang bermanfaat lainnya," jelasnya.

Dia mengatakan hasil sayuran atau buah-buahan yang ditanam di atas lahan kosong tidak hanya berdampak pada pemanfaatkan lahan namun juga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat tersebut. (rima)

Artikel Kanan
Artikel Kanan