Cegah Karhutla, Babinsa Bandarraya Laksanakan Patroli Rutin dan Sosialisasi
Editor : Delvia | Penulis: rima

tni | 09 Februari 2020 | Dilihat : 61

Serka J Tanjung yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa Kelurahan Bandarraya Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru melaksanakan patroli cegah kebakaran lahan dan hutan diwilayah Kelurahan Bandarraya, Minggu, (9/2/2020).

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Serka J Tanjung yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa Kelurahan Bandarraya Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru melaksanakan patroli cegah kebakaran lahan dan hutan diwilayah Kelurahan Bandarraya, Minggu, (9/2/2020).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru akan terjadi musim panas panjang yang ekstrim melanda Provinsi Riau pada awal 2020 ini.

"Pemberitahuan dari BMKG Pekanbaru ini dapat kiranya mencegah terjadinya peningkatan intensitas pembakar lahan yang terjadi diwilayah Kecamatan Payung Sekaki,"kata Serka J Tanjung.

Babinsa beserta Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Bandarraya terus melaksanakan patroli rutin cegah kebakaran lahan dan hutan sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan pembakaran lahan dan hutan serta akibat yg ditimbulkan dari bencana kebakaran tersebut

"Diharapkan dengan kegiatan patroli dan sosialisasi tersebut kedepan masyarakat sudah paham dan mengerti arti dari menjaga keseimbangan ekosistem alam antara lain menjaga pelestarian hutan sehingga akan terhindar dari bencana asap yang selama ini selalu menjadi masalah tahunan bagi masyarakat Riau, khusus Kota Pekanbaru,"beber Serka J Tanjung.

Dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi tersebut babinsa bersama pihak terkait di kelurahan yakni ketua LPM, RW, RT mengajak masyarakat untuk saling peduli menjaga dan mengingatkan apabila ada pembakar lahan dan hutan diwilayah.

"Akibat yang ditimbulkan dari kabut asap akan membuat masyarakat terjangkit penyakit ISPA dan akan rugikan perekonomian masyarakat,"jelasnya lagi.

Sementara itu, Lurah Bandarraya Herman Yunus S.Sos mengimbau keras kepada para pemilik lahan yang berada di Kelurahan Bandarraya dan masyarakat agar tidak menggunakan cara primitif dengan membakar lahan dalam melakukan pembersihan lahan karena akan berdampak sangat merugikan semua.

"Saya tegaskan kepada pemilik lahan agar tidak membuka lahan baru dengan cara membakar, karena ini akan dapat menyebabkan penyakit ISPA dan tentu saja merugikan kita semua akibat karhutla ini,"tegas Herman Yunus.

Ditempat terpisah, Danramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru Kapten Kav Agussam menjelaskan bahwa untuk kegiatan patroli dan sosialisasi cegah karlahut rutin dilakukan setiap hari oleh anggota koramil 06/sukajadi terutama babinsa wilayah Kecamatan Payung Sekaki yang diwilayahnya masih rawan akan karlahut.

Beliau juga membenarkan sudah terjadi beberapa kasus kebakaran lahan yang terjadi di beberapa kelurahan diwilayah Kecamatan Payung Sekaki beberapa hari belakangan ini.

Danramil dan para babinsa beserta unsur terkait bergerak cepat dalam melakukan penanganan pemadaman kebakaran lahan dan hutan sehingga kebakaran tidak meluas.

"Saya menekankan dan mengimbau kepada masyarakat akan arti pentingnya menjaga kelestarian hutan untuk masa depan anak cucu kita kelak,"imbuh Danramil.

Diharapkan, sambungnya dengan kegiatan patroli dan sosialisasi cegah karlahut akan menjadikan masyarakat paham dan peduli arti pentingnya menjaga dan melestarikan hutan. (rima)

Artikel Kanan
Artikel Kanan