DLH Himbau Masyarakat Buang Sampah Tepat Waktu
Editor : Delvia | Penulis: Juna

meranti | 11 Februari 2020 | Dilihat : 103

Proses pengangkutan sampah yang dilakukan oleh armada dari DLH Kepulauan Meranti

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Meranti mengimbau kepada masyarakat Kota Selatpanjang untuk tertib membuang sampah pada waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu, tidak ada lagi sampah yang menumpuk ditepian ruas jalan.

Hal tersebut disampaikan pihak DLH dalam surat edaran yang telah diumumkan melalui rumah ibadah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah dan Pemerintah Desa (Pemdes). Surat edaran tersebut telah  disebarkan beberapa waktu yang lalu.

Kepala DLH Kepulauan Meranti, Irmansyah, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Husni Mubarak mengaku, dalam surat edaran tersebut, berisikan imbauan tentang tertib membuang sampah dan juga waktu atau jadwal pengangkutan sampah oleh armada. Kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kota Selatpanjang agar bisa mentaati apa yang telah ditentukan.

"Segala cara sudah kami lakukan mengenai hal ini. Mulai dari sosialisasi hingga imbauan. Ini juga merupakan surat edaran untuk yang kesekian kalinya," akunya, Selasa (11/2/2020).

Masyarakat diharapkan untuk membuang sampah dengan interval waktu 15 menit sebelum petugas kebersihan mulai melakukan pengangkutan. Kemudian, untuk waktu pengangkutan sampah meliputi pukul 06:00 WIB, 12:00 WIB, 18:00 WIB hingga 00:00 WIB.

"Jadwal pengangkutan sampah mulai pagi hari hingga tengah malam. Dalam satu hari ada empat kali pengangkutan," ungkap Husni.

Jika masyarakat tidak menerapkan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan, maka sulit untuk mewujudkan kota yang bersih dan asri. Dikatakannya lagi, apabila disepanjang ruas jalan banyak sampah yang bertumpukan, persepsi masyarakat terkesan seolah-olah armada tidak bekerja dengan maksimal.

Untuk itu, pihak DLH akan memberikan sanksi tegas kepada masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai dengan jadwalnya. Sanksi tersebut berupa denda sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku.

"Yang sering kedapatan membuang sampah tidak tepat waktu itu di Jalan Imam Bonjol, tepatnya disekitaran SDN 08 Selatpanjang. Mereka terkesan seperti tidak bersalah dengan perilaku itu," pungkasnya. (juna)

Artikel Kanan
Artikel Kanan