HUT MPP ke-I, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Resmikan Layanan Dukcapil
Editor : rima | Penulis: adv

adv | 11 Maret 2020 | Dilihat : 269

HUT MPP ke-I, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Resmikan Layanan Dukcapil

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia (RI), Tjahjo Kumolo meresmikan layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di halaman kantor Pemerintah Kota Pekanbaru, Rabu (11/3/2020).

Pada kesempatan itu, Tjahjo Kumolo mengatakan MPP bukan penyederhana birokrasi dalam bidang pelanan pemerintah namun MPP harus bisa menjadi wadah percepatan untuk mengambil sebuah keputusan.

Sehingga seluruh pelayanan bisa selesai dalam waktu yang singkat, cepat dan tepat. Supaya kebutuhan masyarakat maupun investor bisa terselesaikan dengan baik.

“Jadi, MPP bukan hanya sekedar untuk penyederhana birokrasi saja. Tetapi harus dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Baik disegi kualitas maupun kuantitas,” kata Tjahjo Kumolo dalam pidatonya.

Menurut Tjahjo Kumolo, MPP harus bisa meningkatkan kelengkapann sarana dan prasarana. Baik lokasi parkir, toilet dan jenis pelayananan lainnya. Hal ini untuk mendukung kenyamanan, keamanan dan mutu pelayanan.

Melalui pengembangan dan pelayanan terpadu satu pintu yang dikombinasikan dengan teknologi informasi, diharapkan daerah lain segera mewujudkan pelayanan MPP. Supaya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang ekstra maksimal serta cepat.

“Saya yakin, ASN dilingkup Pemerintahan Kota Pekanbaru mampu memberikan pelayanan yang propesional dan mampu meningkatkan pelayanan guna mendukung peningkatan PAD Pemko Pekanbaru. Kemudian, MPP Pekanbaru bisa menjadi percontohan daerah lain,” ujar Tjahjo Kumolo.

Sementara Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa MPP yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi.

Sehingga tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan. Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung pelayanan satu pintu, guna percepatan pelayanan masyarakat.

Diakui, program MPP Kota Pekanbaru telah diintegrasikan dengan berbagai pelayanan lainnya, termasuk dengan adanya layanan Kependukukan dan Pencatatan Sipil. Sehingga seluruh urusan pelayanan dilakukan dengan satu pintu.

“Melalui MPP diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan. Baik pengurusan kependudukan, perizinan dan lain–lain,” kata Edy.

Selanjutnya kata sambutan dari Walikota Pekanbaru Firdaus mengungkapkan saat ini jenis layanan yang ada di MPP Kota Pekanbaru berjumlah sebanyak 32 layanan.

Hari ini bertambah lagi satu pelayanan yang terdapat di MPP, yakni Dukcapil. MPP Kota Pekanbaru telah menjadi sebuah percontohan sebagai MPP terlengkap dan terbaik se-Indonesia.

“Terkait pelayanan, kami akan terus melakukan inofasi dan peningkatan dalam layanan terhadap masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya, untuk mendapatkan seluruh pelayanan birokrasi di Kota Pekanbaru,” kata Firdaus.

Turut hadir dalam peresmian itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Zudan, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Anggota DPRD Riau Parisman Ikhwan serta Forkopimda dilingkungan Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. (Advetorial)

Artikel Kanan
Artikel Kanan