15 Mei, Pelalawan Akan Berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar
Editor : rima | Penulis: lastin

pelalawan | 13 Mei 2020 | Dilihat : 26

Bupati Kabupaten Pelalawan, Harris

PANGKALANKERINCI, RIDARNEWS.COM - Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI akhirnya menyetujui usulan Gubernur Riau terkait pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lima kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk mempercepat - pemutusan penyebaran covid 19.

Persetujuan Kemenkes tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kementerian kesehatan (kemenkes) Nomor HK.01.07/MENKES/308/2020.  

Kelima kabupaten/kota tersebut yakni Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Kota Madya Dumai.

Terkait hal tersebut, Bupati Kabupaten Pelalawan,  Harris mengelar rapat terbatas (ratas) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan, Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Polres Pelalawan dan Instansi terkait di ruang rapat kantor Bupati, Rabu, (13/05/2020).

"PSBB akan diberlakukan mulai pada Jumat, 15 Mei 2020. Akan ada perubahan skema pada masa penerapan PSBB, dan kita juga masih menunggu Pergub berkaitan pelaksanaan PSBB tersebut", kata Bupati Harris usai rapat tertutup kepada wartawan.

Dalam PSBB nanti, lanjutnya, ada 7 pembatasan yang akan diterapkan dan diperketat yakni sekolah, bekerja di kantor, keagamaan, fasilitas umum, sosial budaya, transportasi umum serta pertahanan dan keamanan. Sedangkan untuk check point di perbatasan-perbatasan juga akan diperketat.

"Sebenarnya selama ini kita telah menerapkan pembatasan tersebut, namun dalam penerapan PSBB nanti, pembatasan tersebut akan diperketat dan ada sanksi bagi yang melanggar", ucap Harris.

Mengenai perusahaan yang ada di Pelalawan, kata Harris, akan tetap beroperasi karena sudah ada ijin dari Menteri Perindustrian, namun jika ada karyawannya yang positif maka sebagai sanksinya perusahaan yang bersangkutan akan stop beroperasi.

Sementara untuk pemberian bantuan yang terdampak Covid-19, kata Harris, akan terus dilakukan dan mengenai data penerima yang terdampak juga tetap dilakukan dan pada saat pemberian bantuan tersebut kita lakukan sosialisasi. (Lastin)

Artikel Kanan
Artikel Kanan