Perdana di Meranti, Pawai Takbir dan Salat Id Ditiadakan
Editor : rima | Penulis: Juna

meranti | 18 Mei 2020 | Dilihat : 82

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (HumasPro Setdakab), Rudi MH

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menyatakan peniadaan pawai takbir keliling dan salat Id berjamaah di halaman Kantor Bupati. Hal itu dilakukan mengingat pandemi virus Corona (Covid-19) yang tak kunjung reda.

Keputusan tersebut merujuk pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nomor 28 Tahun 2020, tentang Panduan Takbir dan Salat Idul Fitri dimasa pandemi Covid-19. Ketetapan itu juga berdasarkan rapat dari Pemkab bersama pihak Kementrian Agama dan MUI Kepulauan Meranti pada tanggal 15 Mei kemarin.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (HumasPro Setdakab), Rudi MH mengatakan, untuk tahun ini pemerintah meniadakan salat Id yang biasanya dilakukan dan juga pawai takbir keliling. Namun, masyarakat masih bisa mengumandangkan takbir di Masjid atau Mushalla.

"Masih bisa melakukan takbir di Masjid dan Mushalla, tapi dalam jumlah yang terbatas dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker," kata Rudi, Senin (18/5/2020).

Tidak hanya itu, open house yang biasa diadakan oleh Bupati, Wakil Bupati hingga Sekretaris Daerah (Sekda) juga ikut ditiadakan. Agenda tahunan itu terpaksa tidak dilakukan mengingat situasi dan kondisi yang terjadi saat ini.

"Dengan berat hati, tahun ini kita tidak dapat silaturrahmi seperti biasa karena agenda tahunan itu ditiadakan. Kemudian, masyarakat juga kami minta untuk tidak berjabat tangan. Cukup ucapkan kata Assalamu'alaikum saja," tuturnya.

Khawatir akan penyebaran Covid-19 di Kepulauan Meranti, Rudi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap beribadah di rumah saja. Termasuk untuk pelaksanaan salat Id nantinya. (juna)

Artikel Kanan
Artikel Kanan