Pembukaan Munas JMSI I Selesai, Dheni : Kita Siapkan Musda yang Lebih Meriah
Editor : Rima | Penulis: Rilis

nasional | 29 Juni 2020 | Dilihat : 14


PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang diikuti 24 peserta perwakilan provinsi di Indonesia, berlangsung semarak. 

Kehadiran Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Gubernur Riau diwakili Sekdaprov Riau H. Yan Pranajaya, membuat acara pembukaan berlangsung khidmat. 

Senarai acara yang disusun panitia dan dipandu master of ceremony (MC), Satria Utama Batubara, mulus berjalan tanpa hambatan sampai usainya acara pembukaan. 

"Kita yang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Munas patut bersyukur karena telah sukses menjalankan pembukaan Munas dengan baik. Mudah-mudahan, dengan terbentuknya kepengurusan pusat nantinya, kita pun sudah siap untuk menjalankan program kerja JMSI," ucap Ketua Panitia Pelaksana Ir Yanto Budiman Situmeang. 

Acara pembukaan yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB itu diselingi dengan pembacaan puisi dari Seniman Riau asal Indragiri Hulu, Dodi Irawan SH. 

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Riau yang disampaikan Sekdaprov Riau, H Yan Pranajaya. Dalam sambutannya Gubri menyambut baik terlaksananya Munas I JMSI walau dalam kondisi pademi Covid-19. 

"JMSI adalah milik kita bersama, jadi mari jaga organisasi ini agar tetap eksis dimasa depan. Peran JMSI sangat diharapkan, menjadi organisasi pers yang profesional dan bermarwah," kata Sekda yang membacakan sambutan Gubri. 

Usai kata sambutan dari Gubernur, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba baca puisi yang telah dilaksanakan sehari sebelum Munas. 

Para pemenang diumumkan setelah dewan juri yang diketuai H Dheni Kurnia, Fakhrunnas MA Jabbar (anggota) dan Ramon Damora (anggota), menyeleksi dan menilai penampilan semua para peserta. Ada beberapa kriteria penilaian yang menjadi pertimbangan Dewan juri. Diantaranya, vokal, penghayatan, penampilan dan interpretasi. 

Sebagaimana yang dibacakan H Dheni Kurnia selalu Ketua Tim Juri, pemenang lomba baca puisi wartawan penyair indonesia adalah, Juara I Isbedy Setiawan ZS dari JMSI Provinsi Lampung. Juara II Ihsan Subhan dari JMSI DKI Jakarta. Dan juara III Rianto Rambah dari JMSI NTB. Sementara dua pembaca favorit diraih oleh Nora Yosennovia dari JMSI DKI Jakarta dan Zainal Takdir dari JMSI Kepulauan Riau. 

"Ini merupakan lomba baca puisi terbesar yang dilakukan insan pers. Sebanyak 43 peserta yang mewakili 24 Provinsi ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Kita harap, lomba baca puisi ini bisa menjadi spirit para wartawan untuk menghasilkan karya karya jurnalistik yang berkualitas," ujar mantan Ketua PWI Riau dua periode ini. 

Dikatakannya, antusias wartawan penyair sangat luarbiasa. Ini menunjukkan kalau wartawan itu tidak hanya piawai dalam menulis berita, akan tetapi juga memiliki jiwa seni yang tinggi. "Begitulah seharusnya wartawan, tak hanya penulis tapi juga mensyair," tukasnya.

Disinggung soal langkah kedepan JMSI Riau, Dheni mengatakan siap menunggu arahan pengurus pusat. "Yang jelas, kita tentu akan dihadapkan pada agenda besar lainnya, yakni persiapkan Musyawarah Daerah (Musda). Dan kita akan menjadikan kegiatan Musda nanti yang lebih meriah," pungkas Dheni. (*)

Artikel Kanan
Artikel Kanan